Selasa, 01 Mei 2018

SOAL Pedagogic 2

1)
Perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama, antara lain..


A.
Kesehatan gizi

B.
Kebugaran jasmani,

C.
Pembinaan orang tua

D.
Semua 

2)
Pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Dapat juga dikatakan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma kelompok, tradisi dan moral (agama) merupakan ....


A.
Perkembangan Sosial

B.
Perkembangan Bakat

C.
Kecerdasan Emosi

D.
Kecerdasan 

3. Salah satu cara untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar yaitu ....


A.
Melakukan tes  

B.
Menganalisis perilaku dan karakteristik awal siswa

C.
Menguji kemampuan berpikir peserta didik

D.
Mengamati gaya belajar peserta didik

4)
Siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi kompleks, mengecek informasi baru dengan aturan-aturan lama dan merevisinya apabila aturan-aturan itu tidak lagi sesuai.Pernyataan tersebut merupakan teori belajar ....


A.
Behavioristik  

B.
Kognitif

C.
Konstruktivis

D.
Semua jawaban benar


5)
Cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode dan gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu merupakan pendekatan pembelajaran ....


A.
Teknik dan taktik

B.
Strategi pembelajaran  

C.
Metode pengajaran

D.
Semua jawaban benar
<!--more--><br />

6)
Dalam menerapkan dan melaksanakan pembelajaran tematik, ada beberapa prinsip dasar  yang perlu diperhatikan yaitu ....


A.
Bersifat kontekstual atau terintegrasi dengan lingkungan  

B.
Bentuk belajar harus dirancang agar siswa bekerja secara sungguh-sungguh untuk menemukan tema pembelajaran yang riil sekaligus mengaplikasikannya

C.
Memiliki nilai efisiensi antara lain dalam segi waktu, beban materi, metode, penggunaan sumber belajar yang otentik

D.
Semua jawaban benar



7)
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan.Pernyataan tersebut merupakan prinsip dari pengembangan kurikulum ....


A.
Konsisten


B.
Relevansi


C.
Ilmiah

            D.Sistematis

10.
Tujuan Pembelajaran adalah perilaku yang hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat kompetensi tertentu.Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....


A.
Kemp dan David E. Kapel  

B.
Robert F. Mager

C.
Oemar Hamalik

D.
Henry Ellington

9.
Langkah-langkah pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu ....




A.
Elaborasi - eksplorasi - refleksi - anialisis - konfirmasi


B.
Eksplorasi - elaborasi - refleksi - konfirmasi - anialisis


C.
Eksplorasi - elaborasi - konfirmasi - refleksi - anialisis


D.
Eksplorasi - elaborasi - konfirmasi - analisis - refleksi


10)
Pengalaman siswa yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dapat dikaitkan dengan materi berikut ....




A.
Menghitung luas layag-layang

B.
Menggambar ilustrasi

C.
Menulis daftar riwayat hidup

D.
Menuliskan unsur-unsur cerita


1.  Salah satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain....

a.   guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
b.   guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi kelemahan yang ada
c.   guru merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d.   guru melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru

2. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat dalam upaya guru....

a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
d. mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.

3.Upaya guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lainsebagai berikut....

a.   menentukan kriteria keberhasilan belajar
b.   mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c.   mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d.   merencanakan pengajaran remedi.

4.   Langkah guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda antara lain...

a.   membuat tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b.   menklasifikasi jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c.   mencari berapa rata-rata nilai kelas
d.   memberikan pembobotan nilai untuk tiap soal.

5. Kemampuan proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia....

a.   1 - 2 tahun
b.   2 - 7 tahun
c.   7 - 11/12 tahun
d.   11/12 - 14/15 tahun

6.  Kegemaran anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....

a.   3—5 tahun
b.   6 -- 8 tahun
c.   10 – 12 tahun.
d.   15 – 18 tahun

7.  Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan....

a.   Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor).
b.   Dominasi pengamatan bersifat egosentris
c.   Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
d.   Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konrit (operasional formal)

8.   8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral....

a.   Prekonvensional
b.   Konvensional.
c.   Postkonvensional
d.   Interkonvensional

9.  Pandangan dan paham ke-Tuhan-an diterangkan secara nasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan dan keagungan-Nya.Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral keagamaan pada masa....
a.   Kanak-kanak.
b.   Anak sekolah
c.   Remaja
d.   Masa remaja akhir

10.    Masa anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial dengan hubungan aku engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan dalam tahapan ini berlangsung secara....

a.   Subyektif
b.   Subyektif menuju obyektif
c.   Pra-puber.
d.   Obyektif

11.    Beberapa siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa tersebut adalah....

a.   Impulsive
b.   Reflektif
c.   Gaya berfikir terikat
d.   Gaya berfikir bebas.

12.  Salah satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah....

a.   Pembelajaran sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b.   Guru memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c.   Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d.   Kegiatan pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa

13.   Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut:

1.   Pembelajaran mengutamakan bagian-bagian kecil
2.   Pembelajaran mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3.   Pengetahuan itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4.   Siswa menentukan sendiri apa yang akan dipelajari

14.Dari pernyataan di atas yang merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik adalah....

a.   1 dan 2.
b.   2 dan 3
c.   1 dan 3
d.   3 dan 4

15. Deni adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan dalam bentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya.PBM yang dilakukan guru tersebut dilandasi oleh teori belajar....

a.   Behavioristik
b.   Konstruktivistik
c.   Humanisme.
d.   Gestalt

16. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut :

1.   Siswa dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi lain
2.   Pembelajaran dikemas bukan menerima pengetahuan
3.   Guru memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4.   Guru memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang disarankan

Pernyataan diatas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah....

a.   1, 2, dan 3
b.   1, 2, dan 4
c.   2, 3, dan 4.
d.   2 dan 3


1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah:
a. pengukuran*
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi

2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau kegunaan
 suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian*
e. evaluasi

3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen
hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatif;
e. terpadu.

5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian

6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:

a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap
serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan langsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran
dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan 
 waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. prkatik/kinerja*
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri

8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian*
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal

9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau ebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.*
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir
soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan;
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;

11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain psicomotor dengan
   urutan sbg berikut;
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme; organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai

13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan
Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..
e. meringkas

14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan
b. analisis
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta

15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,
kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau
tingkat kelas.

16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes

17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori
adalah:
a. validitas isi
b. validitas prediktif
c. validitas konstruk
d. Validitas bebas

18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi*
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip

19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio

23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki
peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung
adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio

24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria??

25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah
pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi
d. keterpakaian
e. kompleksitas

26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan

27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara

28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan
pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:
toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran
adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar*
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar
e. aktivitas belajar

29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap
termasuk dalam dimensii:
a. Afektif

30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM*
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM

31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai
sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.
Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatan
b. teknik wawancara
c. observasi*
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio

32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum*
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan
proposional

33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi*
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal

34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman
penskorannya.Berdasarkan metodepenskorannya.bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring

35. Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:

36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan
melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat
ini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell

37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini
adalah...
a. tes tertulis*
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio

38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompokkan
e. evaluasi

39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek
     yang dinilai dalam penilaian...
a. project
b. product
c. performance Assessment
d. verbal
e. kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif.


41. Jika KKM mata pelajaran Matematika adalah 3,00, sedangkan Amin mendapat nilai 3,01, Bani mendapat nilai 2,75, Candra mendapat nilai 3,5 dan Dedy mendapat nilai 3,05, maka yang mndapat nilai tuntas adalah :
a. Amin
b. Bani
c. Candra
d. Dedy

42. Guru dapat berbagi media pembelajaran yang dibuat dengan menggunakan media berikut ini, kecuali :
a. Facebook
b. Blog
c. Youtube
d. 4shared*

43. Bila guru membuat tugas kepada anak, dan anak dharsukan mengirimkan hasilnya via email, namn kapasitasnya sampai 1 giga, maka sebaiknya mengirimnya menggunakan :
a. Dropbox*
b. Skype
c. Facebook
d. email

Contoh proyek antara lain: melakukan pengamatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman, percobaan foto sintesis tumbuhan dan perkembangan tanaman, mengukur tinggi pohon dan lebar sungai  menggunakan klinometer.

Contoh keterampilan yang dinilai dalam pelaksanaan suatu proyek
1. Tahap Persiapan      : kemampuan membuat perencanaan,
                                       merancang kegiatan, dan mengembangkan suatu ide.
2. Tahap Produksi       : kemampuan memilih dan menggunakan bahan,
                                      peralatan, dan langkah-langkah kerja.
3. Tahap Pelaporan       : kemampuan melaporkan hasil pelaksanaan proyek,
                                      kendala yang dihadapi, kelengkapan dan keruntutan
                                      laporan.
Tahap-tahap penilaian produk:
1)    Tahap Persiapan, meliputi: penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam hal  merencanakan,  menggali dan mengembangkan gagasan serta mendesain produk
2)  Tahap Pembuatan, meliputi: penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan menggunakan bahan, alat, dan teknik
3) Tahap Hasil, meliputi penilaian terhadap kemampuan peserta didik membuat produk sesuai kegunaan dan kriteria yang telah ditentukan.

MOST OF KNOWLEDGE COMES FROM LITERATION AND EXPERIENCE



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Du" Petter Maffay-tabulation song