1)
|
Perkembangan intelektual anak sangat tergantung pada berbagai faktor utama,
antara lain..
|
||||
A.
|
Kesehatan gizi
|
||||
B.
|
Kebugaran jasmani,
|
||||
C.
|
Pembinaan orang
tua
|
||||
D.
|
Semua
|
2)
|
Pencapaian
kematangan dalam hubungan sosial. Dapat juga dikatakan sebagai proses belajar
untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma kelompok, tradisi dan moral
(agama) merupakan ....
|
|
A.
|
Perkembangan
Sosial
|
|
B.
|
Perkembangan Bakat
|
|
C.
|
Kecerdasan Emosi
|
|
D.
|
Kecerdasan
|
| ||||||||||||||||||||||
|
5)
|
Cara yang
dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode
dan gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode
tertentu merupakan pendekatan pembelajaran ....
|
|
A.
|
Teknik dan taktik
|
|
B.
|
Strategi
pembelajaran
|
|
C.
|
Metode pengajaran
|
|
D.
|
Semua jawaban
benar
|
6)
|
Dalam menerapkan dan melaksanakan pembelajaran tematik, ada beberapa
prinsip dasar yang perlu diperhatikan yaitu ....
|
||
A.
|
Bersifat kontekstual atau
terintegrasi dengan lingkungan
|
||
B.
|
Bentuk belajar
harus dirancang agar siswa bekerja secara sungguh-sungguh untuk menemukan
tema pembelajaran yang riil sekaligus mengaplikasikannya
|
||
C.
|
Memiliki nilai
efisiensi antara lain dalam segi waktu, beban materi, metode, penggunaan
sumber belajar yang otentik
|
||
D.
|
Semua jawaban
benar
|
||
7)
|
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus
harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan.Pernyataan tersebut merupakan
prinsip dari pengembangan kurikulum ....
|
||
A.
|
Konsisten
|
||
B.
|
Relevansi
|
||
C.
|
Ilmiah
|
D.Sistematis
10.
|
Tujuan Pembelajaran adalah perilaku yang
hendak dicapai atau yang dapat dikerjakan oleh siswa pada kondisi dan tingkat
kompetensi tertentu.Pernyataan tersebut dikemukakan oleh ....
|
||
A.
|
Kemp dan David E.
Kapel
|
||
B.
|
Robert F. Mager
|
||
C.
|
Oemar Hamalik
|
||
D.
|
Henry Ellington
|
||
9.
|
Langkah-langkah
pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu ....
|
||
A.
|
Elaborasi -
eksplorasi - refleksi - anialisis - konfirmasi
|
||
B.
|
Eksplorasi -
elaborasi - refleksi - konfirmasi - anialisis
|
||
C.
|
Eksplorasi -
elaborasi - konfirmasi - refleksi - anialisis
|
||
D.
|
Eksplorasi -
elaborasi - konfirmasi - analisis - refleksi
|
10)
|
Pengalaman siswa
yang menyenangkan dan tidak menyenangkan dapat dikaitkan dengan materi
berikut ....
|
||
A.
|
Menghitung luas
layag-layang
|
||
B.
|
Menggambar
ilustrasi
|
||
C.
|
Menulis daftar
riwayat hidup
|
||
D.
|
Menuliskan unsur-unsur cerita
1. Salah
satu upaya guru dalam melaksanakan langkah-langkah perbaikan pembelajaran
yang telah dirancang melalui Penelitian Tindakan Kelas antara lain....
a. guru
meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan
peningkatan
b. guru mengevaluasi kembali rancangan, mengatasi
kelemahan yang ada
c. guru
merancang upaya latihan mengerjakan soal-soal untuk persiapan Ujian Nasional
d. guru
melakukan introspeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
2. Upaya
membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terlihat
dalam upaya guru....
a. memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
b. melatih siswa membuat keputusan
yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
c. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri
dan lingkungan sekitar
d.
mendiskusikan bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar siswa.
3.Upaya
guru menggunakan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara
lainsebagai berikut....
a. menentukan
kriteria keberhasilan belajar
b. mengklasifikasi
siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
c. mencari
letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yan diharapkan
d. merencanakan pengajaran remedi.
4. Langkah
guru dalam mengolah hasil penilaian tes belajar untuk soal pilihan ganda
antara lain...
a. membuat
tabel berisi nama-nama siswa, nomor soal pilihan ganda
b. menklasifikasi
jawaban semua siswa terhadap setiap soal
c. mencari
berapa rata-rata nilai kelas
d. memberikan pembobotan nilai untuk tiap soal.
5. Kemampuan
proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terikat
dengan objek-objek bersifat kongkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak
berusia....
a. 1
- 2 tahun
b. 2
- 7 tahun
c. 7 - 11/12 tahun
d. 11/12
- 14/15 tahun
6. Kegemaran
anak akan dongeng/cerita yang bersifat kritis seperti kisah perjalanan
riwayat para pahlawan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia....
a. 3—5
tahun
b. 6
-- 8 tahun
c. 10 – 12 tahun.
d. 15
– 18 tahun
7. Menggunakan potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai
media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal
sebagai tahapan....
a. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap
lingkunganya (sensomotor).
b. Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
c. Anak
memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat
kongkrit (operasional konkrit)
d. Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang
bersifat konrit (operasional formal)
8. 8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh
keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social
bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral....
a. Prekonvensional
b. Konvensional.
c. Postkonvensional
d. Interkonvensional
9. Pandangan dan paham ke-Tuhan-an
diterangkan secara nasional berdasarkan kaidah-kaidah logika yang bersumber
pada tanda alam semesta sebagai pengejawantahan (manifestasi) dari keberadaan
dan keagungan-Nya.Pernyataan ini merupakan tahapan perkembangan moral
keagamaan pada masa....
a. Kanak-kanak.
b. Anak
sekolah
c. Remaja
d. Masa
remaja akhir
10. Masa
anak berusia 13-16 tahun (remaja awal) mencapai tahap perkembangan sosial
dengan hubungan aku engkau atau hubungan subyektif-obyektif perkembangan
dalam tahapan ini berlangsung secara....
a. Subyektif
b. Subyektif
menuju obyektif
c. Pra-puber.
d. Obyektif
11. Beberapa
siswa memiliki kecenderungan belajar berupa mengerjakan soal atau tugas
dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan. Gaya belajar para siswa
tersebut adalah....
a. Impulsive
b. Reflektif
c. Gaya
berfikir terikat
d. Gaya berfikir bebas.
12. Salah
satu cirri belajar rekonstruksionisme dalam proses pembelajaran adalah....
a. Pembelajaran
sangat mengutamakan kondisi lingkungan
b. Guru
memanfaatkan secara optimal pemberian penguatan
c. Pengetahuan dibanggun sedikit demi sedikit
hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas.
d. Kegiatan
pembelajarn dipilih atas dasar minat siswa
13. Perhatikan
pernyataan-pernyataan berikut:
1. Pembelajaran
mengutamakan bagian-bagian kecil
2. Pembelajaran
mementingkan pembentukan stimulus dan respon
3. Pengetahuan
itu ditemukan sendiri oleh siswa melalui pengalaman belajar mandiri
4. Siswa
menentukan sendiri apa yang akan dipelajari
14.Dari pernyataan di atas yang
merupakan karakteristik teori belajar tingkah laku behavioristik adalah....
a. 1 dan 2.
b. 2
dan 3
c. 1
dan 3
d. 3
dan 4
15. Deni
adalah seorang siswa berprestasi sehingga mendapat penghargaan/hadiah.
Dampaknya Deni lebih rajin dan lebih bersemangat belajar. Gurunya
mengutamakan CBSA, materi pelajaran disajikan dalam bentuk unit-unit kecil
agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon tertentu saja, respon yang ada
diberi umpan balik agar siswa segera tahu hasilnya.PBM yang dilakukan guru
tersebut dilandasi oleh teori belajar....
a. Behavioristik
b. Konstruktivistik
c. Humanisme.
d. Gestalt
16. Perhatikan pernyataan-pernyataan
berikut :
1. Siswa
dikondisikan harus menerima informasi kompleks dan menerpkanya ke situasi
lain
2. Pembelajaran
dikemas bukan menerima pengetahuan
3. Guru
memfailitasi menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siwa
4. Guru
memberikan kesempatan kepada siswa menerapkan strategi belajar yang
disarankan
Pernyataan
diatas yang merupakan karkteristik teori belajar konstruktivistik adalah....
a. 1,
2, dan 3
b. 1,
2, dan 4
c. 2, 3, dan 4.
d. 2
dan 3
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan
ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan tertentu adalah: a. pengukuran*
b. pensekoran
c. penilaian d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk
dapat menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran b. pensekoran
c. penilaian d. pengujian*
e. evaluasi
3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu
diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian
kompetensi; b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan
pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan
pengayaan; d. dilakukan pengulangan jika ternyata
hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan
pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus
memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid) b. objektip,
c. adil, d. kooperatif;
e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan
sikap yang dapat berbentuk tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen,
percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan
mengendalikan diri adalah kemampuan: a. kognitif
b. afektif c. psikomotor
d. psikologis e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan
tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan tingkat
pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap serta kepribadiannya karena
dilakukan secara berhadapan langsung; b. bagi peserta didik yang kemampuan
berpikirnya relatif lambat sering mengalami kesukaran
dalam memahami pernyataan
soal, c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan
antara pendidik dan peserta didik dalam menentukan
waktu dan tempat tes. d. lebih obyektif bagi pendidik dalam
memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta
didik; 7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk
dari teknik penilaian: a. lisan
b. prkatik/kinerja* c. penugasan
d. portofolio e. penilaian diri
8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam
melakukan assesmen, kecuali: a. menentukan tujuan penilaian*
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan
kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes
atau non-tes atau keduanya d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman
penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal 9. Di bawah ini beberapa hal penting yang
harus diperhatikan dalam penentuan materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis
mutlak harus dikuasai oleh peserta didik, b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang
merupakan pendalaman dari satu atau ebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan
untuk mempelajari atau memahami,mata pelajaran lain, d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki
nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.* e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi
yang harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan beberapa
langkah-langkah dalam penyusunan butir soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes; b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan; d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;
11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah
kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi,
sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
sÃntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi,
analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi,
evaluasi, dan, sÃntesis. e. ingatan, pemahaman, aplikasi sÃntesis,
analisis, dan evaluasi
12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay
mengembangkan domain psicomotor dengan urutan sbg berikut; a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme;
kesiapan, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai. b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin,
mekanisme; respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai. c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon
terpimpin respon yang kompleks,organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks
respon terpimpin, mekanisme; organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin,
mekanisme, respon yang kompleks, organisasi, dan karakterisasi dari nilai 13. Di bawah ini merupakan beberapa
keterampilan berpikir yang dikembangkan Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat d. memberi alasan..
e. meringkas
14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang
dikembangkan Quellmalz, kecuali: a. ingatan
b. analisis c. perbandingan
d. penyimpulan e. mencipta
15. Di bawah ini merupakan kaÃdah-kaidah dalam
penulisan soal dilihat dari materi, kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator. b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan
jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan
tujuan pengukuran. d. ada petunjuk yang jelas tentang cara
mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan
jenjang jenis sekolah atau tingkat kelas.
16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk
mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks
yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah: a. penilaian projeck
b. penilaian kinerja c. penilaian produk
d. penilaian portofolio e. penilaian non tes
17. Validitas dalam penyusunan instrumen non
tes yang mengacu berdasarkan teori adalah:
a. validitas isi b. validitas prediktif
c. validitas konstruk d. Validitas bebas 18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi
yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi* b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip 19. Penilaian yang didasarkan pada data yang
mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip
penilian yang:
a. adil b. obyektif
c. valid
d. sistematis e. akuntabel
20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan,
baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan
prinsip penilaian yang:
a. adil b. obyektif
c. valid d. sistematis
e. akuntabel 21. Penilaian yang dilakukan secara berencana
dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut
merupakan prinsip penilaian yang: a. adil
b. obyektif c. valid
d. sistematis e. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk
instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis b. tes lisan
c. tes kinerja d. jurnal
e. portofolio
23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan
tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta didik, sikap, serta kepribadiannya
karena dilakukan secara langsung
adalah salah satu kelebihan dari teknik
penilaian; a. tes tertulis
b. tes lisan c. tes perbuatan
d. wawancara e. portofolio
24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari
atau memahami, mata pelajaran lain adalah hal penting dalam membuat soal
berdasarkan kriteria??
25. Materi secara teoritis mutlak harus
dikuasai oleh peserta didik adalah pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir
soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi b. kontinuitas
c. relevansi d. keterpakaian
e. kompleksitas 26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan
ungkapan atau kata yang bermakna tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya,
kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda berdasarkan kaidah: a. materi
b. konstruksi c. bahasa
d. etika e. kejelasan
27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi:
(1) tahap persiapan: pemilihan dan cara penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi:
prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil
karya, langkah-langkah tersebut adalah penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja b. produk
c. penugasan d. lisan
e. wawancara 28. kecenderungan bertindak dalam perubahan
tingkah laku melalui latihan dan pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi
tahu yang dapat diukur melalui:
toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa
kesetiakawanan, dan kejujuran adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar b. sikap belajar*
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar e. aktivitas belajar
29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau
perasaan dalam mengukur sikap termasuk dalam dimensii:
a. Afektif 30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam
menilai kompetensi peserta didik sesuai kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti.
Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM* b. prinsip KKM
c. tujuan KKM d. manfaat KKM
e. peran KKM 31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang
dapat digunakan pendidik sebagai sarana untuk memperoleh informasi tentang
keadaan belajar peserta didik.
Berikut ini yang merupakan teknik penilaian
melalui tes adalah... a. tes perbuatan
b. teknik wawancara c. observasi*
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio 32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi
persyaratan berikut ini, kecuali... a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi
kurikulum*
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan
mudah dipahami d. materi yang hendak ditanyakan dapat
dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang
telah diajarkan secara tepat dan proposional
33. Menggunakan kata kerja operasional yang
tepat, serta dapat dibuatkan soal atau pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi* b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal 34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal
yang sulit adalah menyusun pedoman penskorannya.Berdasarkan metodepenskorannya.bentuk uraian diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat e. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yang meminta peserta
didik untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks
yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah: 36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa
objek tertentu sangat disenangi dan melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu
terhadap objek tersebut. Pendapat
ini dikemukakan oleh... a. Cror and Crow
b. Grondlund c. Crites
d. Thrustone e. Donal Cambell
37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan
untuk teknik penilaian berikut ini adalah...
a. tes tertulis* b. tes lisan
c. tes kinerja d. jurnal
e. portofolio 38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbal b. tes lisan
c. tes analisis d. tes mengelompokkan
e. evaluasi 39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan
tahap akhir/hasil, merupakan beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian... a. project
b. product c. performance Assessment
d. verbal e. kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut,
kecuali.... a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan
diri mengikuti penilaian mata
pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam
pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik
dengan peserta didik dan antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari
komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang
dapat dilakukan mellaui metode kualitatif atau kuantitatif.
41. Jika KKM mata pelajaran Matematika adalah
3,00, sedangkan Amin mendapat nilai 3,01, Bani mendapat nilai 2,75, Candra
mendapat nilai 3,5 dan Dedy mendapat nilai 3,05, maka yang mndapat nilai
tuntas adalah : a. Amin
b. Bani c. Candra
d. Dedy 42. Guru dapat berbagi media pembelajaran yang
dibuat dengan menggunakan media berikut ini, kecuali : a. Facebook
b. Blog c. Youtube
d. 4shared* 43. Bila guru membuat tugas kepada anak, dan
anak dharsukan mengirimkan hasilnya via email, namn kapasitasnya sampai 1
giga, maka sebaiknya mengirimnya menggunakan : a. Dropbox*
b. Skype
c. Facebook d. email
Contoh
proyek antara lain: melakukan pengamatan pertumbuhan dan perkembangan
tanaman, percobaan foto sintesis tumbuhan dan perkembangan tanaman, mengukur
tinggi pohon dan lebar sungai menggunakan klinometer.
Contoh keterampilan yang dinilai dalam pelaksanaan suatu proyek
1.
Tahap Persiapan : kemampuan membuat perencanaan,
merancang kegiatan, dan mengembangkan
suatu ide.
2.
Tahap Produksi : kemampuan memilih dan
menggunakan bahan,
peralatan, dan langkah-langkah kerja.
3.
Tahap Pelaporan : kemampuan melaporkan hasil
pelaksanaan proyek,
kendala yang dihadapi, kelengkapan dan keruntutan
laporan.
Tahap-tahap penilaian produk:
1) Tahap Persiapan,
meliputi: penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam hal merencanakan,
menggali dan mengembangkan gagasan serta mendesain produk
2) Tahap Pembuatan,
meliputi: penilaian terhadap kemampuan peserta didik dalam menyeleksi dan
menggunakan bahan, alat, dan teknik
3) Tahap Hasil,
meliputi penilaian terhadap kemampuan peserta didik membuat produk
sesuai kegunaan dan kriteria yang telah ditentukan.
MOST OF KNOWLEDGE COMES FROM LITERATION AND EXPERIENCE
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar