|
RUBRIK PENILAIAN CONVERSATION
|
|||||
|
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|
|
|
|
Pengucapan
|
5
|
□
|
Mudah dipahami dan
memiliki aksen penutur asli
|
|
4
|
□
|
Mudah dipahami
meskipun dengan aksen tertentu
|
|
|||
3
|
□
|
Ada masalah pengucapan
yang membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada
kesalahpahaman
|
|
|||
2
|
□
|
Sulit dipahami karena
ada masalah pengucapan, sering diminta mengulang
|
|
|||
1
|
□
|
Masalah pengucapan
serius sehingga tidak bisa dipahami
|
|
|
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|
|
|
Tata Bahasa
|
5
|
□
|
Tidak ada atau sedikit
kesalahan tata bahasa
|
4
|
□
|
Kadang-kadang membuat
kesalahan tata bahasa tetapi tidak mempengaruhi makna
|
|||
3
|
□
|
Sering membuat
kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
|
|||
2
|
□
|
Banyak kesalahan tata
bahasa yang menghambat makna dan sering menata ulang kalimat
|
|||
1
|
□
|
Kesalahan tata bahasa
begitu parah sehingga sulit dipahami
|
|
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|
|
|
Kosa Kata
|
5
|
□
|
Menggunakan kosa kata
dan ungkapan seperti penutur asli
|
4
|
□
|
Kadang-kadang menggunakan
kosa kata yang tidak tepat
|
|||
3
|
□
|
Sering menggunakan
kosa kata yang tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan
kosa kata
|
|||
2
|
□
|
Menggunakan kosa kata
secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
|
|||
1
|
□
|
Kosa kata sangat
terbatas sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
|
|
ASPEK
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
|
|
|
Kelancaran
|
5
|
□
|
Lancar seperti penutur
asli
|
4
|
□
|
Kelancaran tampak
sedikit terganggu oleh masalah bahasa
|
|||
3
|
□
|
Kelancaran agak banyak
terganggu oleh masalah bahasa
|
|||
2
|
□
|
Sering ragu-ragu dan
terhenti karena keterbatasan bahasa
|
|||
1
|
□
|
Bicara terputus-putus
dan terhenti sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar